Saturday, May 6, 2017

Tips Menulis Novel: 8 Langkah Mudah untuk Pemula


Menulis novel adalah ambisi sebagian besar penulis fiksi. Seolah-olah jika seorang penulis fiksi berhasil menulis novel, dia sudah resmi menjadi penulis. Ya, menulis novel telah dianggap sebagai sebuah keberhasilan bagi setiap penulis.

Namun, sebagian besar orang tahu bahwa menulis novel itu tidak gampang. Banyak penulis yang merasa kesulitan setiap kali mencoba menulis novel. Sebab, jika diibaratkan sebagai olahraga lari, menulis novel adalah jenis lari maraton. Butuh proses panjang dan melelahkan.

Itu sebabnya, untuk mengatasi kesulitan itu akhirnya banyak penulis yang mencari tips-tips menulis novel.

Berikut Fiksiplus hadirkan tips menulis novel: 8 langkah mudah untuk pemula.

Selamat menyimak!

Tips menulis novel #1: tulislah Novel yang sangat ingin kamu baca.

Toni Morrison pernah bilang begini, "Jika ada buku yang benar-benar ingin kamu baca, tapi buku itu belum ditulis, berarti kamulah yang harus menuliskannya."

Ya, tulislah novel yang paling ingin kamu baca. Tulislah sebuah cerita yang benar-benar membuat kamu semangat untuk menuliskannya. Jangan dulu berpikir apakah orang lain akan menyukainya atau tidak. Sebab hal itu akan mempersulit diri kamu sendiri.

Tips menulis novel #2: mulailah dengan karakter

Setelah kamu tahu cerita seperti apa yang akan kamu tulis untuk novelmu, langkah selanjutnya adalah ciptakan karakter fiksimu. Ciptakan karakter yang benar-benar hidup, karakter yang akan membuatmu berempati kepadanya. Berikan dia napas, berikan dia suara, berikan dia tubuh, berikan dia ruh.

Tips menulis novel #3: berikan tujuan untuk karaktermu

Karakter fiksi yang baik adalah karakter yang memiliki keinginan dan tujuan. Entah keinginan untuk membalas dendam, menyelamatkan keluarga dari bencana alam, mendapatkan cinta dari pasangan, mencuri benda berharga di rumah seseorang, dan lain sebagainya.

Tips menulis novel #4: berikan masalah untuk karaktermu

Setelah tahu karaktermu ingin apa, jangan beri dia kemudahan ketika dia ingin mencapainya. Berikan dia masalah. Kalau perlu, masalah yang cukup berat. Berikan dia tantangan. Berikan dia pelajaran bahwa hidup itu tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan kerja keras.

Tips menulis novel #5: susun plot ceritamu

Setelah kamu tahu tujuan dan masalah-masalah apa saja yang akan dihadapi oleh karaktermu, susunlah plot yang akan membuat alur ceritamu enak dibaca. Buatlah plot yang standar dulu, seperti awal, tengah, akhir. Bagian awal cerita adalah untuk memperkenalkan tujuan dan masalah yang akan dihadapi oleh sang karakter. Bagian tengah cerita adalah tentang bagaimana sang karakter mencoba mengatasi masalah-masalah tersebut. Bagian akhir cerita adalah tentang bagaimana sang karakter akhirnya berhasil melewati masalah-masalahnya.

Tips menulis novel #6: ciptakan karakter antagonis

Karakter antagonis berfungsi untuk menjadi penghalang atau penghambat bagi sang karakter utama (protagonis). Tentu saja antagonis di sini bukan berarti harus jahat. Intinya, dia hadir untuk membuat karakter utama merasa kesulitan ketika ingin mencapai tujuannya.

Tips menulis novel #7: selesaikan draf pertamamu

Kamu sudah memiliki semua hal yang kamu perlukan dalam menulis novel. Sekarang tugasmu adalah menulis draf pertamamu sampai selesai. Jangan berpikir soal editing atau revisi terlebih dahulu. Di langkah ini tugasmu hanyalah menyelesaikan tulisan, bukan mengedit atau merevisi. Intinya, tulis sampai selesai. Titik.

Tips menulis novel #8: revisi draft pertamamu

Nah, setelah draf pertamamu selesai, sekarang adalah saatnya mengedit atau merevisi. Draf pertama harus direvisi. Tidak bisa tidak. Tidak ada tulisan bagus yang ditulis sekali jadi. Kamu bisa meminta saran dari teman-temanmu, kira-kira apa saja yang harus direvisi. Revisilah sampai berdarah-darah. Revisilah dengan sepenuh jiwa. Agar hasilnya bisa maksimal.

Sekian.

Begitulah tips menulis novel yang bisa kamu coba. Mudah-mudahan bermanfaat.[Fiksiplus.com]

(Sumber ilustrasi: Freepik)